12 November 2023 | Tim Media UISI

Mahasiswa Teknik Kimia Sukses Raih Pendanaan PKM Kewirausahaan dengan Inovasi Pelepah Pisang

Mahasiswa Teknik Kimia Lolos Pendanaan PKM Kewirausahaan

UISI – Salah satu program studi di UISI, Teknik Kimia kembali berhasil mendapatkan pendanaan pada ajang PKM atau Program Kreativitas Mahasiswa. Lima mahasiswa Teknik Kimia yang tergabung dalam satu tim ini berhasil mengikuti PKM Kewirausahaan dengan menginovasikan pelepah pisang menjadi alternatif pangan. 

Nanda, salah satu anggota mengatakan, “Untuk idenya itu sebenarnya dari Ibu nya Arikah, salah satu anggota tim kami juga yang sebelumnya punya pengalaman bikin nata dari kulit pisang. Lalu kita inovasikan yang awalnya dari kulit pisang kan udah ada, kenapa nggak coba pakai pelepah pisang dimana pelepah pisang kalau sudah berbuah nggak bisa digunakan lagi biasanya jadi salah satu kerajinan tangan aja gitu.” 

Untuk mengikuti kegiatan ini, Tim NATADEMUSA melakukan persiapan dengan kurun waktu kurang lebih satu bulan. Pada waktu satu bulan tersebut, mereka melakukan persiapan dengan mencari dan membaca jurnal-jurnal terkait sebagai referensi untuk membuat proposal PKM yang diteliti. Dalam melakukan persiapan dan pengerjaannya, mereka membagi tugas pada tiap-tiap sub-bab sehingga pengerjaan bisa jauh lebih cepat. 

Selama masa pengerjaan dan persiapan, meskipun beberapa kali bertabrakan dengan waktu kuliah, mereka tetap menyempatkan waktu untuk bisa bertemu dan membahas pengerjaan yang telah dilakukan. Hal ini membuahkan hasil yang cukup manis setelah mereka lolos pada pendanaan PKM Kewirausahaan 2023 dimana mereka bisa jauh mengembangkan hasil PKM ini dan menyebar luaskannya sebagai inovasi baru dari pangan.

“Alhamdulillah shock dan seneng sih awalnya, nggak nyangka bisa lolos dengan persiapan yang mungkin cukup singkat, tapi usaha nggak menghianati hasil mungkin ini ya salah satunya, lolos pendanaan PKM bareng sama temen-temen setelah sebulan lebih siapin semuanya.” Ucap Nanda setelah mengetahui dirinya Bersama tim lolos dalam pendanaan PKM Kewirausahaan. (may)

Artikel Terkait