1 November 2023 | Tim Media UISI

Mahasiswa UISI Lolos Wirausaha Merdeka Kemendikbud Ristek di Universitas Ciputra Surabaya

Mahasiswa UISI kembali lolos dalam Program Wirausaha Merdeka di Kampus Ciputra Surabaya

UISI - Wirausaha Merdeka adalah Program Kampus Merdeka dari Kementerian Riset dan Teknologi yang memberikan kesempatan bagi Mahasiswa di Indonesia untuk mengembangkan minat dan bakat yang mereka miliki dalam bidang wirausaha. Kegiatan ini bisa menambah nilai dari segi relasi dan kuliah di luar universitas asal serta bisa dikonversi maximal 20 SKS. Program ini diadakan di berbagai Universitas dan salah satunya adalah Universitas Ciputra Surabaya. Mahasiswa UISI yang lolos Wirausaha Merdeka dari berbagai jurusan salah satunya Teknologi Agroindustri, Teknik Kimia dan Desain Komunikasi Visual. 

Pada tanggal 21 September 2023 dilaksanakan Grand Opening Wirausaha Merdeka di Universitas Ciputra yang diikuti oleh peserta dari berbagai Universitas di Indonesia. Acara tersebut juga menjadi pengesahan dibukanya kegiatan program Wirausaha Merdeka oleh Bapak Gamaliel Waney, S.T, MLA selaku Kepala Program Wirausaha Merdeka dan Prof, Dr. Dyah Sawitri, S.E, M.M selaku kepala LLDIKTI Wilayah VII beserta jajarannya. Acara ini juga diikuti dengan Kuliah Kuliah Perdana Doctor Of Management dan Entrepreneurship Grand Launching Wirausaha Merdeka Universitas Ciputra Tahun 2023 dengan tema Masa Depan Entrepreneurship dan Perubahan Sosial di Kawasan ASEAN. Kuliah perdana ini diharapkan bisa menjadi motivasi dan pengalaman yang bisa dimanfaatkan oleh peserta Wirausaha Merdeka untuk menjalankan bisnisnya nanti.

 

Setelah Kuliah Perdana dilaksanakan terdapat agenda sharing session bersama Alumni Wirausaha Merdeka angkatan 2 tahun 2022. Tim dari Arcenesia merupakan tim bisnis aplikasi antar jemput anak-anak sekolah dan Hajar Awalun menciptakan nugget bandeng yang bisa sampai di jepang mereka adalah  salah satu Alumni WMK tahun 2022 yang memberikan gambaran bisnisnya dan sharing terkait pengalaman mengikuti kegiatan Wirausaha Merdeka selama 1 semester kemarin. Acara ditutup dengan foto bersama dan dilanjutkan penjelasan terkait mekanisme pelaksanaan perkuliahan Wirausaha Merdeka selama 1 semester kedepan. 

Kuliah dilaksanakan setiap Jumat di Universitas Ciputra Surabaya. Kegiatan kelas perkuliahan ini dilaksanakan Mahasiswa UISI bersama Universitas Garut. terdapat Mentoring bersama DPL di setiap hari kamis, Mentoring ini dilaksanakan secara offline maupun online. Perkuliahan ini dibimbing oleh Prof Thomi selaku dosen dari Universitas Ciputra. Dari berbagai Mahasiswa UISI yang mengikuti Kegiatan WMK mempunyai bisnis yang berbeda seperti Mr. Sunki (Cookies Sorghum), Cookies Sorgum Soft dan Vendor. ada kegiatan magang yang dilakukan oleh peserta dengan UMKM ataupun Industri, Magang yang dilakukan oleh Mahasiswa UISI bekerja sama dengan Owner Pits Stop KIG Gresik. Dengan adanya kegiatan WMK ini diharapkan bisa menjadi ilmu yang bisa di optimalkan ketika mempunyai bisnis nanti.

Artikel Terkait