Nurmalinda Toyyiba (sebelah kanan) sedang melayani salah satu mahasiswa yang mengunjungi SUKUMASI
Nurmalinda Toyyiba (sebelah kanan) sedang melayani salah satu mahasiswa yang mengunjungi SUKUMASI
7 Mei 2018 | Tim Media UISI

Mari Membaca Buku Gratis di SUKUMASI BEM KM UISI

SUKUMASI : Membangun minat baca mahasiswa dengan fasilitas perpustakaan mini di sudut kantin Kampus A UISI

Gresik - (7/5) Membaca adalah suatu kegiatan yang bertujuan mencari, melihat, dan memahami isi suatu bacaan atau tulisan. Banyak ahli sepakat bahwa membaca adalah kemahiran kognitif yang kompleks. Hal inilah yang membuat Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) untuk memberi wadah khususnya kepada mahasiswa untuk membaca buku secara gratis pada kegiatan SUKUMASI.

Tidak hanya mahasiswa, dosen maupun karyawan UISI juga diperkenankan mengunjungi dan meminjam buku yang ada. Sehingga manfaat dari buku dapat dirasakan oleh seluruh elemen yang ada dikampus. Koleksi buku yang ada terdiri dari novel, buku sejarah, dan buku motivasi.

SUKUMASI kepanjangan dari Sudut Buku Mahasiswa UISI. Kegiatan ini menciptakan perpustakaan mini yang terdapat di Kantin Kampus A UISI. Tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut adalah untuk memfasilitaskan Mahasiswa UISI supaya giat membaca dan ingin meminjam buku di kegiatan ini.

Menurut Nurmalinda, "Pemilihan nama SUKUMASI pada kegiatan ini karena lokasi kegiatan yang digunakan membaca buku berada di sudut kantin” ujar Nurmalinda Toyyiba selaku Ketua Pelaksana. Dalam menyiapkan kegiatan tersebut, Linda memerlukan persiapan hanya dalam waktu satu bulan saja. Karena kegiatan tersebut bekerja sama dengan perpustakaan kampus dan juga perpus jalanan milik sebuah komunitas pembaca buku yang berada di Kabupaten Gresik.

Buku yang ada dapat dipinjam dan dibawa oleh mahasiswa dan pengunjung, sedangkan buku yang dimiliki oleh perpus jalanan hanya diperbolehkan untuk dibaca di tempat (kantin) dan tidak diperbolehkan dibawa pulang. Yang diharapkan Linda dengan setelah adanya kegiatan tersebut yakni “Mahasiswa UISI ketika membaca dapat menambah pengetahuan yang luas, mengenal sejarah, sejarah Indonesia maupun perkembangan saat ini dan untuk menambah Ilmu” tuturnya. [mbn/uda]

Artikel Terkait