3 Januari 2024 | Tim Media UISI

Memperingati Hari Sumpah Pemuda Mahasiswa Departemen Manajemen menjadi Delegasi International Youth Summit di Kuala Lumpur

Mahasiswi UISI hadiri IYIS di Kuala Lumpur, Malaysia, peringati Sumpah Pemuda

UISI - International Youth Innovation Summit (IYIS) adalah sebuah acara internasional yang dilaksanakan pada tanggal 27-29 Oktober 2023 di Kuala Lumpur, Malaysia. Acara ini bertujuan untuk memperingati Sumpah Pemuda, yang merupakan momen penting dalam sejarah perjuangan pemuda Indonesia untuk persatuan dan kesatuan bangsa. IYIS dirancang khusus untuk mendorong inovasi di kalangan pemuda dari seluruh indonesia. Acara ini akan menjadi forum inspiratif di mana pemuda dari berbagai provinsi di indonesia dapat berkumpul untuk berbagi ide, pengetahuan, dan pengalaman mereka dalam menciptakan perubahan positif dalam masyarakat. IYIS dirancang khusus untuk mendorong inovasi di kalangan pemuda dari seluruh indonesia. Dengan tema "Memperingati Sumpah Pemuda", IYIS akan menyoroti nilai-nilai persatuan, semangat kolaborasi, dan semangat inovasi yang diwariskan oleh Sumpah Pemuda. Peserta akan terlibat dalam serangkaian diskusi panel, lokakarya, sesi berbagi pengalaman, dan kompetisi inovasi yang akan memperkuat pemahaman mereka tentang pentingnya persatuan dalam mencapai kemajuan sosial dan teknologi.

Acara dilakukan selama 3 hari di University Visit and Orientation dengan kegiatan di mana delegasi melakukan kunjungan resmi ke universitas di Malaysia untuk mengenal lingkungan kampus, fasilitas, dan program-program yang ditawarkan. Kemudian ada PPI Leaders and Panel Discussion yang kegiatan interaktif bersama anggota PPI yang dirancang untuk mendiskusikan topik tertentu yang relevan dengan mahasiswa Indonesia di Malaysia. Selanjutnya ada Visit KBRI (Kedutaan Besar Republik Indonesia) Malaysia yang merupakan kegiatan di mana delegasi IYIS mengunjungi perwakilan diplomatik Indonesia di Malaysia. 

Negeri Jiran Exploration and City Tour, dan Internasional Youth Innovation Summit merupakan konferensi yang menyediakan platform dinamis dan kolaboratif di mana delegasi dapat menyampaikan makalah, presentasi, dan diskusi mengenai topik-topik terkini, mendorong kolaborasi antar disiplin ilmu, membangun jaringan profesional, dan merangsang perkembangan penelitian dan inovasi di tingkat global.

Pada tanggal 28 Oktober 2023 yang bertepatan dengan sumpah pemuda setiap delegasi yang telah ditentukan kelompoknya akan mempresentasikan inovasi apa yang akan dibuat. Dalam inovasi ini, Annisa mempresentasikan inovasi berupa aplikasi digital mengenai sosial pendidikan yang diberi nama Edugen dan berhasil menyandang 1st best presentation dan 2nd best innovation. Selain itu, tiap delegasi diwajibkan untuk membuat video inovasi untuk dikompetisikan dan Edugen meraih 1st video innovation. (may)

Artikel Terkait