Ustadz M. Nur Fathoni, Lc., M.A menyampaikan materi kajian kepada peserta Kajian Ramadhan via daring
Ustadz M. Nur Fathoni, Lc., M.A menyampaikan materi kajian kepada peserta Kajian Ramadhan via daring
2 Mei 2020 | Tim Media UISI

Meraih Berkah Ramadhan pada Masa Pandemi dengan Quran Time

Kajian Ramadhan yang bersifat sosial-taqwa dengan mendonasikan biaya registrasi kajian dalam upaya membantu Keluarga Dhuafa yang terkena dampak negatif akibat dari Pandemi Covid-19. Selain itu, juga meningkatkan ketaqwaan dengan memperbanyak Quran Time.

UISI - Departemen Ekonomi Syariah Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) siap memulai rangkaian acara Eksyar Berbagi 2020. Acara pertama yang dilakukan berupa kajian Ramadhan yang bertema “Meraih Berkah Bulan Ramadhan dalam Keadaan Quarantine dengan Perbanyak Quran Time” pada Jumat (01/05) melalui Google Hangouts meet. Kegiatan ini diisi oleh pembicara yang luar biasa yakni Ustadz Muhammad Nur Fathoni, Lc., M.A selaku Dosen UISI.

Acara Eksyar Berbagi 2020 merupakan salah satu ikhtiar dari Mahasiswa Ekonomi Syariah UISI untuk tetap memberikan manfaat dalam rangka menyambut Bulan Ramadhan serta berinisiatif guna membantu sesama. Salah satunya melalui kajian ini yang bersifat sosial-taqwa. Dengan melakukan pembayaran seikhlasnya, uang registrasi kajian tersebut akan didonasikan dalam upaya membantu Keluarga Dhuafa yang terkena dampak negatif akibat dari Pandemi Covid-19. Di samping itu, juga memunculkan esensi untuk mengajak serta meningkatkan ketaqwaan dengan memperbanyak Quran Time.

Dalam Kajian pertama, Ustadz Fathoni menyampaikan bahwa Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia, dan ketika Allah SWT memberikan petunjuk pasti yang mudah untuk dipahami manusia. Jika sulit untuk dipahami, maka itu pasti bukan petunjuk. Kemudian, dalam meraih keberkahan di Bulan Ramadhan, hendaknya untuk memperbanyak Quran Time, misalnya memperbanyak membaca Al-Quran, memahami Al-Quran, dan mempraktekkan nilai-nilai Al-Quran dalam beraktivitas di Bulan Ramadhan.

“Dan yang penting untuk meraih berkah adalah niat lillahi ta’ala serta berbuat amal yang baik. Baik dari niatnya, caranya, dan sesuatu tersebut,” nasihat Ustadz Fathoni di sela-sela materi.

Kajian ini berjalan dengan lancar dengan diikuti oleh kalangan Mahasiswa UISI dan umum. Harapannya agar Ramadhan di tengah Pandemi Covid-19 tetap menjadi berkah dengan memperbanyak membaca dan memahami Al-Quran serta tidak lupa berbagi kepada sesama. (muh/rry)

Artikel Terkait