Webinar WEB DEVELOPER YANG PALING DICARI PERUSAHAAN
Webinar WEB DEVELOPER YANG PALING DICARI PERUSAHAAN
28 Maret 2021 | Tim Media UISI

NGULIK WEB DEVELOPER YANG PALING DICARI PERUSAHAAN BERSAMA HMIF UISI

Invest your money, energyand time on skill development.

Sabtu (27/03), Himpunan Mahasiswa Informatika Universitas Internasional Semen Indonesia (HMIF UISI) adakan Webinar dengan tajuk “Web Developer Yang Paling Dicari Perusahaan” bersama pemateri yang luar biasa  yakni Bagus Fibrianto, S.Kom selaku Senior Manager IT Solutin  ( PT.Vascomm Solusi Teknologi ).  

PT. Vascomm Solusi Teknologi adalah sebuah perusahaan IT solution yang berlokasi di Sidoarjo, Jawa Timur.  Layanan utamanya adalah membuat softwere secara customer berdasarkan kebutuhan dari klien. Selain itu, memiliki produk layanan sendiri yaitu inklusi keuangan atau disebut oleh pemerintah sebagai program melaku pandai dan satu produk yaitu Yunikup yang bergerak di bidang koperasi.

Menurut Bagus Febrianto, Web Developer ada 3 Main Types yakni  Frontend ( Fokus on appearance of applications works on client-side application), Backend ( Fokus on application logic an data management of applications works on server-side application), dan Fullstack ( Combination of frontend and backend developer). "Masing-masing Web Developer ini memiliki karakteristik dan juga memiliki teknologi-teknologi masing-masing yang harus dikuasai oleh setiap Developer," paparnya.

Kemampuan yang khusus dalam menduduki posisi Web Developer Frontend yakni seputar teknologi lebih tepatnya dalam pembuatan tampilan websitedengan mengauasai skill terkait KTML, CSS, Javascript, foundation. Posisi Frontend dalam penerapannya fokus dalam memuat user yang mudah dan berinteraksi. Sedangkan Backend dalam penerapannya bekerja di balik layar website dengan menguasai teknologi seperti serversite PHP, Python dan Ruby. Fullstack adalah gabungan dari Frontend dan Backend. Dalam posisi ini, diwajibkan menguasai bahasa beserta teknologi dengan softskill berupa inovatif, disiplin, dan multitasker.

Sosok Senior IT Solutin Bagus Febian menyarankan posisi Fullstack dalam jenjang karir walaupun tantangannya lebih banyak dari ketiga posisi tersebut. “Untuk mengawali berkarir di dunia Web Developer adalah investasikan uang, energi dan waktu untuk mengembangkan skill maka tidak akan rugi ketika mengembangkan skill,” tutupnya.

Menurut Fuad salah satu panitia mengungkapkan dengan mengikuti webinar ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan dalam menyiapkan diri sebagai seorang web developer. "Banyak hal yang sebelumnya tidak kita ketahui menjadi tahu dengan adanya sesi tanya jawab yang komunikatif,"ujarnya.

(and/aml)

Artikel Terkait