Foto bersama peserta sosialisasi operasi zebra
Foto bersama peserta sosialisasi operasi zebra
8 Desember 2018 | Tim Media UISI

Patuh Lalu Lintas Menjelang Natal dan Tahun Baru

Sosialisasi operasi zebra oleh Satlantas Gresik menjelang natal dan tahun baru kepada mahasiswa UISI

Gresik - Waktu menunjukkan pukul 10.00 WIB, mahasiswa mulai memadati Aula Kampus A Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI). Di ruangan tersebut pula, terdapat anggota kepolisian yang sedang bersiap memberikan sosialisasi tentang Patuh Lalu Lintas.

Sosialisasi yang berlangsung pada Rabu (07/11) lalu merupakan bagian dari upaya Polres Gresik untuk menekan pelanggaran lalu lintas yang terjadi di Kota Gresik. Dalam sosialisasi tersebut, dijelaskan tentang keamanqn dalam berkendara di jalan serta peraturan-peraturan lalu lintas yang harus dipatuhi oleh pengendara. Selain itu, sosialisasi ini juga membahas tentang pentingnya Surat Izin Mengemudi (SIM) dan operasi zebra.

Untuk bisa memperoleh SIM, para pengendara harus melalui tes-tes yang telah diujikan. Salah satubagian dari tes SIM ini adalah tes praktik. Beberapa tes praktik yang harus dilalui yakni pada tikungan 8 dan zigzag yang bertujuan untuk menguji keseimbangan saat berkendara. Sedangkan untuk operasi zebra sendiri merupakan operasi tahunan yang diadakan serentak se-Indonesia setiap menjelang natal dan tahun baru. Dilaksanakannya operasi zebra ini bertujuan untuk menekan angka pelanggaran lalu lintas yang terjadi di Indonesia, termasuk di Kota Gresik.

Dengan diadakannya sosialisasi di kampus UISI, tim Polres Gresik menaruh harapan agar mahasiswa UISI bisa bekerja sama dengan Polres Gresik untuk menciptakan pengendara yang ramah berlalu lintas.

Salah seorang mahasiswa yang mengikuti acara sosialisasi ini pun setuju dengan penuturan tim Polres Gresik mengenai pentingnya operasi zebra.

 “Sosialisasi seperti ini yang membuat kita sadar akan pentingnya keselamatan dalam berkendara. Jangan sampai nyawa terbuang sia-sia hanya karena tidak pakai helm”, pungkas Ahmad Bachrudin, salah satu peserta sosialisasi seusai acara.

(aim/kei)

Artikel Terkait