Sesi Pengumuman Juara I KMI 2020 Awards Kategori KBMI
Sesi Pengumuman Juara I KMI 2020 Awards Kategori KBMI
14 Desember 2020 | Tim Media UISI

Pemanfaat Biji Trembesi Sukses Bawa UISI Juara I KMI 2020 Awards Kategori KBMI

Tim CAP BESI sukses raih Juara I di KMI 2020 Awards dengan memanfaatkan biji buah trembesi sebagai peluang bisnis.

Gresik – Di tengah pandemi Covid-19 ini yang membatasi banyak pihak untuk bertatap muka secara langsung, tidak serta merta menghalangi kita untuk melaksanakan atau mengikuti suatu kegiatan. Dengan memanfaatkan teknologi yang ada, KMI Expo 2020 berhasil diselenggarakan secara online melalui platform Hopin.

Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Expo merupakan kegiatan yang diselenggarakan secara rutin setiap tahun oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Pada tahun 2020 ini, KMI Expo memasuki tahun ke-11 dan pelaksanaannya kali ini diadakan oleh Universitas Agung Podomoro.

Dengan mengusung tema "Connecting Opportunities" atau menghubungkan peluang, dapat diartikan bahwa kegiatan KMI Expo XI 2020 akan membuka peluang bagi seluruh peserta dan khalayak dari seluruh Indonesia yang hadir untuk dapat saling berjejaring dalam mengembangkan peluang menjadi sebuah kegiatan kewirausahaan yang nantinya berkesinambungan.

Kegiatan KMI Expo XI 2020  merupakan acara puncak kegiatan KMI 2020 yang dilaksanakan selama 2 hari, yaitu pada tanggal 4 - 5 Desember 2020. Acara puncak tersebut didahului dengan proses penjurian KMI Awards 2020 yang dilaksanakan mulai 23 November - 2 Desember 2020.

Potret Tim CAP BESI saat presentasi Penjurian Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Awards Tahun 2020 pada Kategori KBMI.

Tim CAP BESI merupakan salah satu tim dari UISI yang mengikuti KMI Expo 2020. Sedangkan CAP BESI merupakan suatu bisnis yang memproduksi bahan masakan dengan memanfaatkan biji buah trembesi sebagai bahan baku utamanya. Hal yang melatarbelakangi berdirinya bisnis ini adalah keberadaan biji trembesi yang tidak termanfaatkan secara optimal dan mengakibatkan pendangkalan volume lahan pertanian serta pertambakan di wilayah Lamongan

Dalam mengikuti kegiatan KMI Expo 2020 ini, Tim CAP BESI yang diketuai oleh Syarifa Nur’aini dan beranggotakan Moh. Afit Hariyato, M. Salman Al Farisi, Ilmi Firdaus Shofiyah, serta Dalilah Inas Salsabila yang merupakan mahasiswa Departemen Teknik Kimia UISI. Tim CAP BESI sukses mendapatkan predikat Juara I pada KMI 2020 Awards Kategori KBMI dengan Sub Kategori 4 : Industri Produksi dan Budidaya.

“Alhamdulillah. Tidak ada yang namanya superman di dalam suatu tim, tapi adanya adalah superteam. Senang sekali bisa satu tim dengan mereka di CAP BESI, terima kasih atas kerja kerasnya. Semoga bisnis ini bisa terus sukses berkembang dan semakin banyak prestasi yang dapat diraih. Meskipun kami anak teknik tapi tidak menjadi halangan untuk berprestasi di dunia bisnis," ujar Syarifa selaku ketua tim CAP BESI. (ifs/rry)

Artikel Terkait