Pembekalan Materi Bela Negara oleh KODIM 0817 pada IO-CHAMPS 2017 Hari Kedua
Pembekalan Materi Bela Negara oleh KODIM 0817 pada IO-CHAMPS 2017 Hari Kedua
29 Agustus 2017 | Tim Media UISI

Pembekalan Materi Bela Negara oleh KODIM 0817 pada IO-CHAMPS 2017

Terik matahari tidak menyurutkan semangat dan antusiasme mahasiswa baru UISI 2017 mengikuti materi Bela Negara dan Pendidikan Baris Berbaris. Selain itu, outbond menjadi kegiatan penutup pada materi hari ini.

Gresik – Kegiatan serangkaian Informasi dan Orientasi (IO – CHAMPS) mahasiswa baru Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) Tahun Ajaran 2017/2018 masih berlanjut.

Hari ini, Selasa (29/08) merupakan hari kedua kegiatan IO - CHAMPS 2017. Mahasiswa baru yang dikenal dengan Semen Indonesia 5 (SI 5) mendapatkan materi Bela Negara oleh Tentara Negara Indonesia Angkatan Darat (TNI - AD) KODIM 0817 Gresik. Bertempat di Lapangan Segunting Komplek PT Semen Indonesia (Persero) Tbk.

Penyampaian materi Bela Negara dibagi menjadi dua sesi. Pada sesi awal, Mayor Inf. Sampak S. Ag., menyampaikan materi Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan. Meskipun topik bahasan yang disampaikan serius, namun dengan gaya bahasa khas beliau mampu menarik perhatian mahasiswa SI 5 tetap fokus pada materi. Terbukti dari banyaknya antusiasme mahasiwa yang ingin bertanya di akhir sesi. Sebelum mengakhiri materi, beliau berpesan untuk mahasiswa SI 5, “Saya titip Negara ini, ada ditangan kalian. Indonesia adalah Negara kita, Pancasila, NKRI, Bendera Merah Putih adalah perekat pemersatu Bangsa” ujar Sampak.

Tidak berhenti disitu. Pada sesi kedua, mahasiswa SI 5 mendapatkan materi Pendidikan Baris Berbaris (PBB) dan Outbond. Dibawah matahari yang mulai meninggi, tidak menyurutkan semangat mahasiswa SI 5 pada kegiatan ini. Materi yang diberikan pada PBB antara lain, gerakan dasar, gerakan berpindah tempat, dan gerakan berjalan. Selain itu, mahasiswa diajarkan untuk konsentrasi dalam berbagai perintah yang diberikan.

Materi PBB ini dipimpin oleh Pelda. M. Romli selaku koordinator materi. “Setelah kegiatan ini harapannya mahasiswa mempunyai dasar kedisiplin yang tinggi” ucap Romli. Sedangkan, outbond dipimpin oleh Kapten Inf. Prastyo Edy S.H. Agar kegiatan yang diikuti tidak membosankan, tim dari TNI mengajak mahasiswa untuk membuat yel-yel dan jargon penyemangat. [uda/day]

Artikel Terkait