19 Oktober 2022 | Tim Media UISI

Pemberdayaan Masyarakat Melalui Perluasan Pemasaran Gula Aren Dengan Memanfaatkan Marketplace Oleh Tim PPK-HIMATRIAN UISI

Pemasaran Gula Semut yang berada di Desa Balikterus masih terbilang sempit yaitu hanya di daerah Balikterus saja. Dan setelah melihat perkembangan yang begitu maju, mahasiswa Tim PPK-HIMATRIAN UISI memiliki ide dan strategi untuk menyelesaikan masalah ini

Marketplace merupakan suatu platform dimana memiliki tugas sebagai perantara antara penjual dan pembeli dalam melakukan proses transaksi produk secara online. Marketplace bertindak sebagai pihak ketiga dalam transaksi online dengan menyediakan tempat berjualan dan fasilitas pembayaran.  “Penggunaan internet dalam dunia bisnis telah mengalami perubahan fungsi yang mulanya sebagai media pertukaran informasi saja kemudian menjadi media aplikasi strategi bisnis yang meliputi pemasaran, penjualan, dan pelayanan” Ujar Ibu Fransiska Dyah ayu Puspitasari, S.Psi., M.M. selaku Kepala Bidang Koperasi Usaha Mikro DISKOPERINDAG Kab. Gresik.

Memanfaatkan marketplace yang menjadi wadah pengusaha dalam menjalankan bisnis, biasanya dibutuhkan beberapa komponen penunjang seperti produk, tempat penjualan produk, cara menerima pesanan, cara pembayaran, metode pengiriman, dan customer service. Adapun pemanfaatan marketplace yang dimaksudkan untuk memperluas pasar cenderung tidak berjalan dengan baik dikarenakan marketplace yang telah dibuat tidak dikelola dengan baik oleh pengrajin gula aren.

Pemasaran Gula Semut yang berada di Desa Balikterus masih terbilang sempit yaitu hanya di daerah Balikterus saja. Dan setelah melihat perkembangan yang begitu maju, mahasiswa Tim PPK-HIMATRIAN UISI memiliki ide dan strategi untuk menyelesaikan masalah ini yaitu dengan melakukan ekspansi pasar atau perluasan pasar. Menargetkan produk yang ada ke pasar baru, dengan target pengembangan pasar geografis baru, serta segmen demografis guna meningkatkan penjualan. Sehingga dari strategi ini Tim PPK-HIMATRIAN UISI berharap supaya produk gula aren yang ada di Desa Balikterus bisa terkenal dan dari segi penjualannya terus mengalami peningkatan.

pemberdayaan

Dosen Pembimbing yakni Azmi Alvian Gabriel, S.TP., M.P., MPM menjelaskan bahwa perluasan pemasaran merupakan salah satu tolak ukur yang sangat penting. Perluasan pemasaran termasuk kedalam target dari pelaku usaha agar produk yang ditawarkan dapat dikenal oleh masyarakat luas diluar Desa Balikterus sendiri. Adapun adanya pembuatan marketplace yang ada, membuat gula aren dapat dikenal bukan hanya di lingkungan Desa Balikterus melainkan juga pada masyarakat Indonesia. Dan dengan adanya foto produk serta pengenalan produk melalui video yang telah dibuat Tim PPK-HIMATRIAN UISI dapat disebarluaskan dengan cepat.

Artikel Terkait