Antoni Gunawan founder Kene Kopi saat memberikan materi
Antoni Gunawan founder Kene Kopi saat memberikan materi
20 Oktober 2019 | Tim Media UISI

Pentingnya Peran Bisnis Sosial, HMDM Gelar Seminar Sociopreneur dan Entrepreneur

Mendatangkan dua pembicara dari bisnis yang sedang ramai dikalangan generasi muda, diharapkan bisa menginspirasi untuk memulai bisnis berbasis sosial.

Gresik – Himpunan Mahasiswa Departemen Manajemen (HMDM) kembali mengadakan seminar bisnis yakni Seminar Sociopreneur dan Entrepreneur pada jumat (18/10) di Auditorium Kampus B Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI). Seminar yang merupakan acara tahunan divisi Kewirausahaan HMDM dihadiri kurang lebih 150 peserta dari mahasiswa UISI dan umum.

Sadar akan banyaknya masalah sosial di lingkungan masyarakat, seminar ini mengusung tema “Young Preneurs to be Sociopreneur”. Dari kegiatan ini diharapkan bisa mengajak generasi muda untuk membuka lapangan kerja baru sekaligus mengikat nilai sosial. Kegiatan ini mengundang dua pembisnis yang sedang ramai dikalangan generasi muda, yakni Rizki Aris Yunianto founder “Sego Njamoer” dan Antoni Gunawan founder “Kene Kopi”.

Awal mula bisnis yang dijalani oleh Rizki merupakan judul dari PKM-K yang diajukannya bersama 4 kawannya saat dibangku kuliah. Permasalahan yang sulit produksi jamur dari petaninya menarik perhatian Rizki untuk membina bisnis bersama petani jamur. Dan kini, Sego Njamoer telah mendirikan puluhan outlet di berbagai daerah. Dengan slogan “Ada doa petani jamur di setiap gigitannya” Sego Njamoer mampu meningkatkan harga jual jamur dari petani jamur yang dulunya sempat menurun.

“Selain memikirkan profit, kami juga berusaha memutar otak bagaimana kami bisa berbisnis sekaligus mengatasi masalah sosial. Walaupun cukup sulit, tetapi jika dijalani juga akan membuahkan hasil yang tidak disangka-sangka cukup besar”, Ujar Rizki saat mengisi materi.

Selain rizki,  Antoni Gunawan (akrabnya Agun) memaparkan pengalamannya soal bisnis "Kene Kopi". Berawal dari gagasan yang tetap membuat orang yang sibuk bisa menikmati kopi sebagai teman kerjanya, Agun memutuskan untuk membuat bisji Coffe to go Pertama di Gresik yakni Kene Kopi. Meskipun langkahnya yang pernah menjadi Manajer di salah satu kedai mie di Gresik, Tak ragu bagi Agun kini mampu mendirikan bisnis kekinian yang tengah digemari muda mudi terutama di kota Gresik. 

“Saya tidak menyangka antusias dari temen-temen mahasiswa UISI maupun luar UISI bisa sebanyak ini. Semoga setelah mengikuti Seminar Sociopreneur dan Entrepreneur ini, kalian semua makin memiliki pandangan lebih untuk memulai berbisnis ataupun meneruskan bisnis yang telah kalian rintis", ucap Adininggar selaku Kepala Divisi Kewirausahaan HMDM UISI. (shl/fns)

Artikel Terkait