Peserta lomba menggambar dinding dalam rangka peringati bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)
Peserta lomba menggambar dinding dalam rangka peringati bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)
22 Maret 2019 | Tim Media UISI

Peringatan Nasional Bulan K3, PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk. Bersama UISI Selenggarakan Kegiatan Menggambar Dinding (Mural)

PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk. bersama dengan Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) menyelenggarakan kegiatan “Kompetisi Mural” dalam rangka memperingati bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) tahun 2019.

Gresik – PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk.  bersama dengan Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) menyelenggarakan kegiatan  “Kompetisi Mural” dalam rangka memperingati bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) tahun 2019.  Bulan K3 diadakan rutin oleh pemerintah tiap tahunnya  pada tanggal 12 Januari hingga 12 Februari seluruh Indonesia. Kegiatan kompetisi menggambar dinding (mural) ini dilaksanakan pada tiga titik lokasi dinding pabrik Gresik, PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk. Dalam kegiatan tersebut terdapat 25 mahasiswa UISI sebagai  peserta (volunteer) yang berpartisipasi.

Proses penggarapan menggambar dinding dimulai dari sketsa dan pengecatan dinding yang memiliki luas sekitar kurang lebih 270 m2 . Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Kamis (14/03) hingga Sabtu (16/03) dengan membagi zona menjadi tiga titik. Zona pertama berada di jalur masuk pertama kali, zona kedua berada di depan kantor Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), dan zona ketiga berada di bawah killen. Kegiatan ini dilaksanakan oleh beberapa kelompok dan individu. Kelompok dibagi secara merata dari A1-A6 dan B1-B12. Beberapa diantaranya terdapat mahasiswa departemen Desain Komunikasi Visual (DKV) yang bertugas membantu peserta non- departemen Desain Komunikasi Visual  (DKV) untuk menyelesaikan mural dengan memperhatikan gradasi warna yang sudah ditetapkan.

Puncak acara kompetisi menggambar dinding (mural) ini dilaksanakan pada hari Jumat (22/03) di halaman gedung rancang bangun pabrik Gresik, Semen Indonesia yang dihadiri oleh mahasiswa departemen Manajemen UISI dan rektor UISI. Rangkaian acara dimulai dari senam, jalan santai, hingga pengumuman pemenang kompetisi menggambar dinding (mural) yang mendapatkan sambutan baik dari seluruh peserta sekaligus bapak rektor. Dalam mengikuti acara puncak kompetisi mural ini tidak hanya diikuti oleh mahasiswa melainkan diikuti juga oleh beberapa karyawan dari UISI dan PT. Semen Indonesia.

Tujuan dalam kegiatan ini adalah “selain memperingati bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) pastinya  juga  untuk memperindah kampus agar pengunjung, baik dari kalangan mahasiswa UISI sendiri, karyawan PT. Semen  Indonesia ataupun dari kalangan luar merasa tertarik dengan kampus kita,” tutur  bapak Asdi Prasetyo, S.Si selaku pengurus acara mural dari UISI.

Kegiatan ini akhirnya mendapatkan pemenang  oleh beberapa kelompok dan individu. Diantaranya adalah dari zona 1 juara satu yang dimenangkan oleh kelompok A5, juara kedua adalah kelompok  A4,  dan juara ketiga adalah kelompok A6.  Dari zona 2 juara satu yang dimenangkan oleh kelompok B11, juara kedua adalah kelompok B4, juara ketiga adalah B12.  Dari zona 3 yang dimenangkan oleh Muhammad Mizwar Ardiansyah sebagai Peserta Terbaik 1, Muhammad Iqbal Maulana Al Ghifari sebagai Peserta Terbaik 2, dan Ilyasa Wahyu Anggara sebagai Peserta Terbaik 3. Putri Riska Romadhon sebagai Peserta Terfavorit  dan Nabila Fauziyah Suwahyu sebagai Peserta Terfavorit 2.

 Adapun terdapat kesan oleh peserta  yakni “Kesan bagi saya acara mural ini sudah bagus karena disamping untuk memperindah kampus juga seperti mengingatkan kita untuk menerapkan Budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3),” tambah Dani sebagai salah satu pemenang dari Kelompok B11-Zona 2. (myf/lkf)

 

Artikel Terkait