Sesi foto bersama Reno Albra dan Mahasiswa UISI di Workshop Motivation Letter
Sesi foto bersama Reno Albra dan Mahasiswa UISI di Workshop Motivation Letter
7 Desember 2019 | Tim Media UISI

Perkaya Diri melalui Workshop Motivation Letter

Workshop Motivation Letter bersama Reno Albra ini guna memperkaya wawasan Mahasiswa UISI dalam membuat Motivation Letter untuk study exchange

Gresik – Official International Affairs mengadakan workshop dengan mengangkat topik "Motivation Letter for Study Exchange". Workshop yang bertempat di Kampus B Universitas Internasional Semen Indonesia pada Sabtu (07/11) ini rupanya membuat antusias Mahasiswa UISI untuk mengulas lebih jauh tentang "How to make motivation letter".

Kebanyakan orang biasanya menyepelekan isi dari motivation letter. Kunci dari pembuatan motivation letter yang telah disebutkan oleh Reno Albra adalah eagerness dan experiences, jadi tidak hanya mengenai pengalaman melainkan keinginan applier juga merupakan kunci utama. "Why you fit the program and the reason why you apply", terang Reno Albra.

Tidak hanya bedah motivation letter, Reno Albra sebagai alumni academic fellowship program yang merupakan Wisudawan terbaik FEB UNAIR juga memberikan tips dan trik dalam pembuatan motivation letter. Berfokus terhadap setiap proses dan tidak meloncati apa yang telah dilakukan merupakan dasar dari kesuksesan pembuatan motivation letter. Dengan tetap memperhatikan dasar serta menyelaraskan dengan dua kunci utama, peluang keberhasilan mendapatkan beasiswa akan cukup tinggi.

Mengajukan motivation letter tidak hanya berkaitan dengan janji tapi juga mengenai komitmen. Hal yang perlu diperhatikan lainnya adalah tidak to the point melainkan related. Reno juga menuturkan alasan kuat ketika hendak mengambil beasiswa perlu dipertimbangkan.

"Karena kalau kita sudah mendapatkan beasiswa, maka harus dipertanggungjawabkan untuk Indonesia", tambah Reno.

Seusai sesi bedah motivation letter dan sharing session, Mahasiswa dibekali dengan praktik Trial Paper. Poin-poin yang telah dituliskan akan menjadi bahan mentah dalam membuat motivation letter. (myf/msl)

Artikel Terkait