Diskusi bersama peserta oleh (dari kiri) Ir. Agus Djoko Walujo, Sigit Iko Sugondo, Bambang Tutuko
Diskusi bersama peserta oleh (dari kiri) Ir. Agus Djoko Walujo, Sigit Iko Sugondo, Bambang Tutuko
13 Mei 2018 | Tim Media UISI

Salurkan Gagasan Dana Sosial Islam untuk Pertanian Melalui FGD

Departemen TIP mengadakan Focus Group Discussion (FGD) bersama Kelompok Tani Gresik membahas realita pertanian dan hasil produk tani di tanah Gresik

UISI - Departemen Teknologi Industri Pertanian UISI mengadakan Focus Group Discussion (FGD) bersama kelompok Tani dengan pembicara utama Sigit Iko Sugondo selaku Ketua Lembaga Amil Zakat Nasional Al Azhar. Pembahasan ini merujuk pada realita pertanian dan hasil produk tani di tanah Gresik. Persentase perekonomian tani dan hasil produk juga disampaikan oleh Ir. Agus Djoko Walujo, kepala Dinas Petanian Kabupaten Gresik mewakili Bupati Gresik.

Bertempat di Auditorium Kampus B, forum ini mengajarkan tentang perputaran ekonomi pertanian melalui metode zakat. Diskusi ini juga diimbangi dengan menyisipkan kondisi petani dan berbagai faktor serta strategi penyelesaian dari hilir ke hulu.

“Untuk meningkatkan kebutuhan tani harus dimbangi dengan keselarasan pengetahuan dari hilir ke hulu” ungkap Bambang Tutuko, S.E, M.M, C.F.P selaku moderator dalam FGD yang berlangsung Jum'at (11/5).

Antusiasme peserta forum cukup tinggi, hal ini terlihat pada sesi tanya jawab dan berbagai masukan yang diajukan oleh perwakilan kelompok tani, mahasiswa dan beberapa anggota dinas pertanian serta pemilik usaha industri tani. Tidak hanya menyampaikan pertanyaan, saran, dan ide, namun solusi permasalahan pun bermunculan dengan harapan mampu meningkatkan dalam masalah pertanian. (fns/kei)

 

Artikel Terkait