28 Januari 2017 | Tim Media UISI

SE Manajemen 2017: "Explore the Wonderful Industry Bali"

Studi Eksursi Mahasiswa Manajemen Universitas Internasional Semen Indonesia angkatan 2013 (pertama) ke Industri-industri di Pulau Bali.

Bali – Program studi Manajemen mengadakan perjalanan studi ekskursi bertajuk “Explore the Wonderful Industry Bali 2017”. Terhitung sekitar lima hari mulai tanggal 16 hingga 20 Januari 2017, para mahasiswa Manajemen Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) mengunjungi beberapa perusahaan ternama di Bali. Perusahaan yang dikunjungi antara lain: Bali Post, Bali TV, Khrisna, Beachwalk, PT. Sinar Sosro dan Ubud Corner Silver & Gold. Studi ekskursi ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan referensi terkait pengelolaan manajemen di dunia kerja maupun industri terkait.

Pada hari pertama (17/1), mahasiswa Manajemen UISI menuju ke dua destinasi utama yakni Bali Post dan Bali TV. Bali Post adalah sebuah surat kabar harian ibu kota provinsi yang terbit di kawasan Denpasar, Bali. Harian pagi Bali Post mengklaim sebagai “Pengemban Pengamal Pancasila” merupakan harian terbesar di Kota Denpasar dan merupakan salah satu harian dengan oplah terbesar di Bali. Mahasiswa juga diberikan pengetahuan terkait alur produksi koran, mulai dari proses penulisan berita hingga pencetakan dan penyebaran ke pembaca. Usai mengunjungi Bali Post, mahasiswa manajemen angkatan pertama bergegas menuju destinasi selanjutnya yakni Bali TV. Stasiun TV tersebut hadir sebagai program yang fokus pada bidang kebudayaan, adat istiadat dan keunikan yang khas dari Pulau Bali.

Di hari selanjutnya (18/1), mahasiswa menuju salah satu pusat oleh oleh terbesar di Bali yaitu Khrisna. Mahasiswa diajak langsung untuk melihat proses pembuatan kaos, mulai dari bahan mentah hingga pengemasan kaos. Narasumber dari Khrisna juga secara lugas menjawab berbagai pertanyaan yang diajukan oleh mahasiswa perihal strategi Khrisna dalam menggaet dan mempertahankan loyalitas konsumennya. Sorenya, setelah dari Khrisna, mahasiswa diajak untuk mengunjungi Beachwalk Shopping Center. Salah satu pusat perbelanjaan di jantung Kuta tersebut memiliki desain arsitektur yang unik dengan konsep hijau dan terbuka, menciptakan suasana santai dan terbuka sebagai gaya hidup pulau Bali. Beachwalk menawarkan pengalaman budaya yang telah menjadi poin kuat dalam menarik para wisatawan.

Sinar Sosro dan Ubud Corner Silver & Gold menjadi kunjungan penutup di hari terakhir (19/1) dalam “Explore the Wonderful Industry Bali 2017”. Mahasiswa terlihat begitu antusias mendengar penjelasan dari pihak PT. Sinar Sosro. Selain penjelasan terkait sejarah dan produk PT Sinar Sosro, mahasiswa juga melakukan plant tour mulai dari pembersihan botol, penyeduhan teh dan pengemasan. Mahasiswa juga diberikan penjelasan tentang pengolahan limbah yang ramah lingkungan dari pihak PT. Sinar Sosro. “Dengan adanya kunjungan di perusahaan seperti ini, mahasiswa diharapkan dapat memahami bukan hanya secara teori namun juga realnya di lapangan, bagaimana proses operasional hingga pengembangan karyawan di sebuah perusahaan besar,” ujar Atikah Aghdhi P, S.T., M.T., salah satu dosen prodi Manajemen yang turut bergabung dalam studi ekskursi tersebut. Puas mengetahui seluk beluk PT. Sinar Sosro, mahasiswa menuju destinasi terakhir yaitu Ubud Corner Silver & Gold. Ubud Corner Silver adalah sebuah bidang usaha pembuatan perhiasan dengan mengusung konsep budaya Bali, dibuat secara handmade, yang telah melakukan ekspor produknya hingga ke benua Eropa. UC Silver & Gold berkembang secara pesat karena menerapkan empat prinsip utama yakni mempertahankan budaya, sistem yang melebur ke setiap aspek, berinisiatif dalam melangkah untuk menjadi terbaik serta selalu menyebarkan kebahagiaan bagi sesama. Sehingga kini, UC Silver & Gold menjadi merek lokal Indonesia yang memiliki nama di kancah internasional. (lnc/sil)

Artikel Terkait