27 Agustus 2020 | Tim Media UISI

Syarifa Wakili UISI pada Final Mawapres Nasional

Syarifah merupakan mahasiswa yang aktif di Lembaga Dakwah Kampus, Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia, dan anggota Office of International Affairs. Tercatat ada 1 penghargaan di tingkat internasional dan 3 prestasi di tingkat nasional yang berhasil diraih

Syarifa Nur’aini, Mahasiswa Berprestasi Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) berhasil meraih predikat finalis Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) Nasional kategori sarjana 2020. Syarifa akan bergabung Bersama 20 finalis lain yang berasal dari Perguruan Tinggi seluruh Indonesia pada 10-13 September nanti.

 

Capaian Mawapres merupakan keberhasilan individu didukung dengan pembinaan program studi serta tim dari Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI). Prestasi ini menjadi tolok ukur bagaimana mahasiswa menunjukkan karakter kompetitifnya dalam kreativitas dan inovasi, selain daripada itu juga penguasaan akademik dan bahasa.

 

“Impian menjadi mawapres saya dimulai sejak akhir dari perjalanan menjadi delegasi di GPbL Thailand,” papar mahasiswi Teknik Kimia. Saat itu, Syarifa dimotivasi dosennya untuk meraih prestasi lagi dan mendaftarkan diri kembali menjadi mawapres setelah tahun lalu gagal.

 

Seleksi mawapres dimulai dari tingkat departemen, universitas dan langsung ke nasional. “Pada tingkat nasional, ada tiga tahapan: administrasi, tes, dan karya tulis ilah,” pungkas Syarifa. Tahap kedua, ada dua tes yang telah diikuti: tes wawasan kebangsaan dan bahasa inggris.

 

Tahap ketiga, Syarifa mengangkat tema mengenai masalah yang ada di Desa Srowo pada saat KKN. Srowo sendiri merupakan desa yang dikenal dengan sentra penghasil kerupuk ikan. “Saya menawarkan tulang ikan dijadikan tepung kaya akan kalsium, limbah cair akan diolah dengan metode aerasi dan jeroan ikan akan tetap dijadikan makanan tambak secara langsung,” papar mahasiswi asal Bangkalan ini.

 

Syarifah merupakan mahasiswa yang aktif di Lembaga Dakwah Kampus, Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia, dan anggota Office of International Affairs. Tercatat ada 1 penghargaan di tingkat internasional dan 3 prestasi di tingkat nasional yang berhasil diraih Syarifa selama menjadi mahasiswa UISI. “Berkat bimbingan Ibu Eka, Bu yunita, dan tim kemahasiswaan, Alhamdulillah Allah memberikan rizki berupa lolosnya sebagai finalis ini,” tutupnya. (*)

Artikel Terkait