7 Desember 2023 | Tim Media UISI

TIM POWER RANGER dari Departemen Akuntansi Raih Juara 1 Kompetisi MERMC INTERNATIONAL di Malaysia

Tim Power Ranger Akuntansi UISI Raih Juara 1 MonsoonSIM Enterprise Resources Management Competition

UISI - MERMC (MonsoonSIM Enterprise Resources Management Competition) adalah kompetisi yang digelar tahunan oleh MonsoonSIM dan sudah ada sejak 2015. MonsoonSIM adalah sebuah platform berbasis Artificial Intelligence (AI) yang mengintegrasikan edukasi konsep dan perencanaan bisnis ke dalam bentuk permainan yang interaktif dan praktis. MERMC Intenational Grand Final 2023 diadakan pada tanggal 30 November - 2 Desember 2023 itu dihadiri oleh tim dari berbagai Universitas, salah satunya Universitas Internasional Semen Indonesia. Kompetisi ini terbagi menjadi 2 track yaitu Enterprise dan FMCG (Fast Moving Consumer Good) yang diikuti dengan total 35 tim dari berbagai negara. Selain kompetisi di MERMC International Final 2023 juga ada Workshops, Exhibition, dan Colloquium. 

Tim POWER RANGER dari prodi Akuntansi yang beranggotakan Yuliantyas Kholisha Amdy, Cindo Fara Aqsyada Agatha, Kharisma Putri Scholichati, Dewi Kumalasari, dan Ellisa dengan dosen pembimbing Muhammad Akbar, SE, M.Acc., Ak. Tim Power Ranger mengikuti MERMC Indonesia di Universitas Pakuan dan mendapatkan juara 1 untuk kategori FMCG dan menjadi salah satu perwakilan dari indonesia di MERMC internasional (Malaysia). Selanjutnya kami berhasil memenangkan kompetisi MERMC International Final 2023 yang diselenggarakan di University Tunku Abdul Rahman (UTAR) Kampar, Malaysia.

Tim Power Ranger mengikuti kompetisi dengan track FMCG yang dimana kami bertanding melawan mahasiswa dari Malaysia, Singapura, Thailand, Hongkong, Taiwan, dll.

Kompetisi ini terdiri dari 2 babak yaitu Qualifying round dan Final round. Dengan masing-masing penilaian sebagai berikut: 

  1. Games 1,2,3 - Converted to 35%
  2. Games 4,5 - Final games to 45%
  3. Presentastion 20%

"Selama hampir 3 tahun kita kuliah secara online dan kita masih belum mempunyai hal yang paling mengesankan. Maka penghujung semester, kami ingin membuat pengalaman baru dengan mengikuti MERMC dan membanggakan UISI" ujar Cindo Fara.

Tim Power Ranger banyak melakukan latihan untuk meningkatkan skill dan performanya di kompetisi ini. Momen yang paling berkesan dalam kompetisi ini adalah mereka mendapatkan banyak teman dari berbagai negara dan juga mencoba makanan tradisional Malaysia! Power Ranger telah menunjukkan kepada kita bahwa kesuksesan biasanya datang kepada mereka yang benar-benar siap menghadapinya.

“Sebelumnya juga kita sudah beberapa kali mengikuti lomba-lomba monsoon lainnya, kalau kata Pak Akbar untuk ngasah kemampuan kita, sama tau kondisi lawan tuh gimana.. jadi  udah ngerasain up and downnya gimana.. kayak lebih ke yg kata-kata. 'Practice makes perfect' itu tuh bener kita rasain karena dulu-dulu juga kita selalu belum mendapatkan juara”, ucap Tim Power Ranger.

Setelah kerja keras, latihan, dan doa dari orang tua. Tim Power Ranger  berhasil menjadi juara di MERMC Internasional 2023 (Kategori FMCG). (may)

Artikel Terkait