Kopi Okra desa Slempit
Kopi Okra desa Slempit
24 Februari 2018 | Tim Media UISI

Tonjolkan Potensi Okra Melalui KKN 2018

Kuliah kerja nyata (KKN) tematik menghadapkan para mahasiswa dengan beragam masalah riil yang terjadi di masyarakat. Salah satu tim KKN tonjolkan potensi tanaman Okra di desa tempat mereka mengabdi.

Gresik – Kuliah kerja nyata (KKN) tematik yang berlangsung sejak 11 Januari hingga 1 Februari lalu menghadapkan para mahasiswa dengan beragam masalah riil yang terjadi di masyarakat, khususnya di desa tempat mereka ditugaskan mengabdi. Sesuai dengan namanya, para mahasiswa dengan kemampuannya diharapkan bisa menemukan solusi dari permasalahan serta mengembangkan potensi yang ada di desa sesuai dengan bidang tema yang telah ditentukan.

Salah satunya kelompok 27 yang melihat potensi desa yang kaya akan tanaman Okra yang dikenal dengan manfaatnya yang bagus untuk kesehatan. Tanaman Okra tersebut oleh warga desa dimanfaatkan menjadi minuman kesehatan dengan cara dikeringkan, lalu bijinya dihaluskan hingga menjadi serbuk. Hasil serbuk yang mirip seperti kopi itu membuat masyarakat menyebutnya sebagai kopi Okra.

“Kami melihat potensi Okra di Desa Slempit itu besar. Selain itu masih banyak juga masyarakat yang belum mengetahui akan tanaman Okra itu sendiri. Dan Okra juga punya manfaat yang banyak banget.” Ujar Faiz, salah satu anggota kelompok 27.

Kelompok yang mengabdi di Desa Slempit, Kecamatan Kedamean, Kabupaten Gresik ini membantu mengenalkan dan memasarkan kopi Okra kepada masyarakat luas karena selama ini pemasaran minuman Okra ini hanya mengandalkan pameran saja. Beranggotakan sepuluh orang, kelompok ini membuat kemasan dan logo baru bagi kopi Okra agar terlihat lebih modern dan bernilai jual tinggi. Selain itu mereka juga membuat media sosial agar pengenalan produk kopi Okra ini bisa lebih luas. Mereka juga mencoba menginovasi kopi Okra untuk diolah menjadi campuran kue brownies agar dapat menambah nilai jual. Brownies Okra ini sudah mulai diproduksi oleh ibu-ibu di desa tersebut.

“Harapan kami UMKM desa Slempit bisa lebih maju dan sukses, soalnya di desa Slempit itu salah satu desa yang mempunyai potensi yang sangat besar. Bisa dibilang desa Slempit itu surganya potensi, dari ekowisata, pertanian sampai bisnis kreatif terutama Okra. Kami juga berharap kalau masyarakat luas bisa tahu kalau desa Slempit itu terkenal akan produk Okra.” Tandas Faiz. (kei/ral)

Artikel Terkait