20 Juli 2020 | Tim Media UISI

UISI Gresik Tambahkan Beasiswa 2,2 Milyar di Tengah Pandemi

Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) tidak ketinggalan memberikan beasiswa tambahan berupa potongan uang kuliah dengan total 2,2 Milyar bagi mahasiswa berprestasi yang mendaftar di tahun ajaran 2020/2021 ini.

Sejumlah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) memberikan beasiswa bagi mahasiswa dalam bentuk pemberian kuota internet gratis sebagai dampak dari merebaknya wabah COVID-19. Selain memberikan bantuan pulsa berkala setiap bulan ke mahasiswa, Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) tidak ketinggalan memberikan beasiswa tambahan berupa potongan uang kuliah dengan total 2,2 Milyar bagi mahasiswa berprestasi yang mendaftar di tahun ajaran 2020/2021 ini.

Sebelumnya UISI telah mengumumkan program beasiswa penuh 100% yaitu Beasiswa Unggulan dan Beasiswa APERTI BUMN (Aliansi Perguruan Tinggi Badan Usaha Milik Negara) . Beasiswa Unggulan telah diumumkan bulan Juni lalu. Sedangkan Beasiswa APERTI BUMN baru ditutup akhir Juni untuk seleksi administrasi dan wawancara. Animo pendaftar beasiswa APERTI BUMN melonjak hingga lebih dari tujuh ribu peserta di tengah pandemi COVID 19 ini. Rektor Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) Prof. Herman Sasongko dikonfirmasi di Gresik, Senin (20/7) mengatakan pihaknya telah meluncurkan program beasiswa tambahan yaitu Penghargaan Prestasi dan Beasiswa Sportif. UISI mempertimbangkan penerimaan beasiswa itu adalah dari prestasi akademik saat SMA/SMK. Pertimbangan lain adalah kondisi ekonomi keluarga calon mahasiswa.

"Beasiswa ini adalah bentuk apresiasi UISI kepada putra atau putri bangsa Indonesia agar bisa tetap kuliah dan meraih mimpi dan cita-citanya ditengah ujian kemanusiaan COVID19," ungkap Herman.

Herman menjelaskan, dalam Beasiswa Penghargaan Prestasi berupa potongan biaya investasi pendidikan hingga 40 % yang ditujukan kepada calon mahasiswa tahun akademik 2020/2021, yang belum lolos pada seleksi beasiswa Aperti BUMN namun memiliki prestasi yang luar biasa.  Beasiswa ini berlaku untuk seluruh program studi. Termasuk di antaranya program studi Ekonomi Syariah dan Manajemen Rekayasa.

Beasiswa lainnya yaitu Beasiswa Sportif. "Beasiswa Sportif ini diperuntukkan bagi mahasiswa tidak mampu dan berprestasi, yang tidak lolos pada beasiswa Aperti BUMN namun termasuk dalam 1000 pendaftar yang memiliki nilai terbaik" ujar Rosa Rilantiana, Kepala direktorat Kerjasama, Promosi, dan Komunikasi UISI.

Dinamakan beasiswa Sportif karena para calon pendaftar tersebut telah berjuang untuk mendapatkan beasiswa dengan ribuan pelamar. Sprotif bukan berarti kalah, sikap atau mental dimana calon pendaftar telah bersikap ksatria, jujur dan fair dalam proses seleksi beasiswa Aperti berlangsung.

Dalam beasiswa sportif, seluruh peserta mendapatkan kesempatan untuk memperoleh beasiswa berupa potongan Biaya Investasi Pendidikan sebesar 20%. Beasiswa ini akan diberikan kepada 1000 peserta dengan pemeringkatan nilai terbaik dalam proses seleksi Beasiswa Aperti BUMN UISI.

Artikel Terkait