Sosok Nur Safira salah satu penerima beasiswa Turkiye Bursiari sebagai narasumber
Sosok Nur Safira salah satu penerima beasiswa Turkiye Bursiari sebagai narasumber
5 Desember 2020 | Tim Media UISI

UISI Internship and Career Center Selenggarakan Webinar Bertemakan "Meraih Beasiswa ke Turki"

Webinar yang diadakan UISI ICC dan Sunlife Financial Syariah ini membahas mengenai beasiswa ke Turki hingga perencanaan keuangan syariah untuk pembiayaan pendidikan tinggi.

Gresik - Dapat menempuh pendidikan di luar negeri merupakan impian banyak orang, apalagi jika mendapatkan beasiswa. Oleh karena itu Universitas Internasional Semen Indonesia Internship and Career Center (UISI ICC) menyelenggarakan webinar bertemakan “Meraih Beasiswa ke Turki.” Acara ini diadakan secara daring pada Jumat (04/12) melalui aplikasi Zoom. UISI ICC menyelenggarakan acara ini bersama Sunlife Financial Syariah. 

Nur Safira, salah satu penerima beasiswa Turkiye Burslari menjadi pembicara pada acara tersebut. Sosok yang sering dipanggil Safira itu menempuh jenjang sarjana di Universitas Ankara departemen Manajemen Kesehatan. Turkiye Burslari Scholarships atau biasa disebut YTB adalah beasiswa untuk program S1, S2, S3, penelitian, dan program Bahasa Turki untuk mahasiswa internasional. 

YTB ditujukan bagi calon mahasiswa yang akan berkuliah di universitas - universitas terbaik Turki dan bersifat beasiswa penuh (full scholarship) yang dibiayai oleh Kementerian Luar Negeri Turki. Program Bahasa Turki ini tidak mengikat kepada para penerima beasiswanya. Pelamar pun diberikan kebebasan dalam memilih program studi yang diminati. Informasi menarik lainnya adalah beasiswa ini dibuka setiap tahun.

Pada kesempatan tersebut, Safira memberi bocoran hal - hal apa saja yang perlu dilakukan untuk mendapatkan beasiswa YTB ini. Mulai dari bagaimana mempersiapkan dan menyusun dokumentasi pendaftarannya, hingga berbagai pertanyaan sekaligus jawaban yang biasanya ditanyakan di sesi seleksi wawancara. Pada seluruh peserta webinar kali ini Safira mengingatkan, “jangan takut melangkah karena jarak 1000 mil itu berasal dari satu langkah".

YTB menjadi salah satu beasiswa yang tidak mudah didapatkan. Seseorang yang akan menempuh pendidikan tinggi perlu memiliki rencana lain dalam pembiayaan apabila tidak mendapatkan beasiswa. Oleh karena itu, Sunlife Financial Syariah hadir sebagai pelopor asuransi syariah di Indonesia. Sunlife Financial Syariah menyediakan produk asuransi dan perencanaan keuangan melalui prinsip Syariah agar warga negara Indonesia tidak kebingungan dengan kendala keuangan, salah satunya yakni pembiayaan dalam pendidikan tinggi. 

(tsa/msl) 

Artikel Terkait