11 September 2023 | Tim Media UISI

UISI Resmi Gelar PKKMB dengan Tema Karsatera 'The Legacy of Gold Generation'

UISI Gelar Pembukaan PKKMB Karsatera 2023

UISI – Memasuki masa PKKMB, Universitas Internasional Semen Indonesia juga turut menggelar Masa Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru untuk para mahasiswa/i pada Senin, 11 September 2023 di Kampus B Universitas Internasional Semen Indonesia. Dibuka dengan meriah, para mahasiswa baru diajak mengenal lingkungan kampus UISI yang bernuansa heritage. Tak hanya itu, pembukaan ini juga dihadiri dan diresmikan secara langsung oleh Prof. Dr. Eng. Ir Herman Sasongko selaku Rektor UISI. Selain itu, turut juga hadir Guntoro, S.T., M.M. selaku ketua Pengurus Semen Indonesia Foundation (SIF), Dr. Effnu Subiyanto, S.T., MBA selaku Sekretaris SIF, dan Dr. A. Syifaul Qulub, S.Ag., M.E.I. selaku perwakilan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik.

Memiliki bangunan yang unik, para mahasiswa baru diajak mengenal bangunan bekas pabrik semen dengan berbagai atribut khusus yang harus digunakan para mahasiswa baru sebagai safety first yang harus mereka ketahui saat memasuki lingkungan kampus. “Hanya ada tiga Universitas dengan heritage industri di dunia, yaitu Jerman, Denmark, dan UISI di Indonesia.” Ungkap Prof. Herman.

Mengangkat tema Karsatera “The Legacy of Gold generation”, masa PKKMB ini akan dilaksanakan selama lima hari oleh 462 mahasiswa baru. “Jika kemarin dua tahun pandemi di angka 200-an mahasiswa, tahun ini hampir 500 mahasiswa baru, dengan 30-an mahasiswa baru masih menunggu konfirmasi beasiswa PIP dari Komisi X DPR RI. Nanti yang tak ikut PKKMB tahun ini, akan tetap ikut tahun depan.” Ungkap Prof. Herman dalam pidatonya.

Memiliki suasana PKKMB yang cukup unik, mahasiswa baru UISI banyak dikenalkan oleh bangunan-bangunan eks pabrik yang akan kerap dilewati saat memasuki kampus. Pengenalan lingkungan kampus UISI memiliki perbedaan yang tentunya akan memberikan kesan sendiri untuk para mahasiswa baru. 

Tak hanya Prof. Herman yang memberikan amanat, para tamu undangan pun turut memberikan wejangan mereka terhadap mahasiswa baru UISI. “Indonesia saat ini memasuki bonus demografi, karena diprediksi pada tahun 2037 ratusan BUMN akan banyak membuka peluang kesempatan berkarir dan itu jika dihitung sesuai dengan usia anda saat ini, itulah yang disebut bonus demografi. Karena itu jangan takut, tekun dan Bersemangatlah dalam menuntut ilmu, kelak kalian akan bisa menikmati hasilnya 5 hingga 10 tahun kedepan.” Pesan Effnu Subiyanto, Sekretaris SIF.

Selama masa pengenalan lingkungan kampus, mahasiswa baru diajak untuk lebih mengenal seluk beluk UISI yang memiliki bangunan unik dan aesthetic. Kegiatan ini juga diikuti oleh pengenalan berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang nantinya bisa diikuti mahasiswa baru, talkshow, dan berbagai materi tanpa adanya perpeloncoan. Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru UISI dilakukan dengan tujuan untuk membekali mahasiswa baru terhadap dunia kampus yang tentu akan berbeda dengan bangku sekolah mereka sebelumnya khususnya di kampus UISI. (may)

Artikel Terkait