Antusiasme peserta Workshop Jurnal Internasional bersama Dr. Eng. Siti Machmudah, ST.,M.Eng.,
Antusiasme peserta Workshop Jurnal Internasional bersama Dr. Eng. Siti Machmudah, ST.,M.Eng.,
23 Desember 2018 | Tim Media UISI

Workshop Jurnal Internasional UISI diselenggarakan oleh LPPM UISI

Dr. Eng. Siti Machmudah, ST.,M.Eng., berbagi seluk beluk Jurnal Internasional bersama Tenaga Pendidik dan Mahasiswa UISI

Kampus UISI – Pada Selasa (4/12) lalu, Kampus UISI kedatangan seorang dosen dari Departemen Teknik Kimia Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) yang sudah berhasil memublikasikan puluhan jurnal penelitian ilmiah. Beliau adalah Dr. Eng. Siti Machmudah, ST., M.Eng.

Acara berlangsung di Auditorium dengan dihadiri mahasiswa dan dosen UISI. Beliau menjelaskan tentang bagaimana membuat sebuah jurnal.

Dalam kesempatan ini, beliau memberikan stragegi-strategi yang dapat diterapkan dalam menulis jurnal ilmiah. Siti menegaskan, “Pikirkan topik sebelum menulis!”, lalu pilihlah jurnal dan tipe artikel yang tepat sesuai dengan tema yang akan peneliti angkat.

Selain itu, sangat disarankan untuk memperhatikan bahasa dan segala hal yang berhubungan dengan kepenulisan. Efisiensikan kalimat-kalimat yang tersusun sehingga mudah untuk dibaca orang lain.

“Memadatkan kalimat itu perlu, karena biasanya ada yang menuliskan kalimat secara berulang-ulang di paragraf selanjutnya, namun intinya sama,” ujar Siti.

Beliau juga membagikan tips mencari dan memilih jurnal secara gratis yang berkualitas. Beliau merupakan alumni Kumamoto University,salah satu Universitas terbaik di Jepang.

Siti menuturkan harapan terselenggaranya workshop ini, agar tercipta lebih banyak jurnal-jurnal ilmiah dari berbagai bidang rumpun.

“Untuk mahasiswa dan dosen UISI, semoga lebih giat lagi dalam melakukan penelitian sehingga nanti dapat memublikasikan jurnal-jurnal ilmiah yang lebih baik dan berkualitas Internasional,” sambung Siti. (rry/uda)

Artikel Terkait