Potret Pak Sugeng bersama peserta Webinar Foreyou
Potret Pak Sugeng bersama peserta Webinar Foreyou
7 Februari 2021 | Tim Media UISI

Foreyou UISI Selenggarakan Webinar Bertajuk Membangun Bisnis Jangka Panjang dan Berkelanjutan

Webinar ini membahas mengenai perusahaan yang memulai bisnis dari kecil, dan telah tumbuh berkembang menjadi besar, maka mereka tentu mempunyai ide terkait keberlanjutan bisnisnya. Cara yang dapat dilakukan pertama kali yakni membuat Bisnis Model Canvas.

Gresik – Foreyou (Forum Young  Entrepreneur), salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di UISI telah berhasil gelar Webinar bertajuk “Membangun Bisnis Jangka Panjang dan Berkelanjutan” pada Minggu (07/02) dengan narasumber sekaligus pembina UKM Foreyou, Bapak Sugeng Firdausi, S.E., Ak., M.M. MIFP.

Dalam pembahasan di Webinar ini, saat orang-orang berbicara terkait bisnis berkelanjutan, pada dasarnya humanity memiliki kemampuan dalam melakukan sesuatu yang dapat digunakan untuk generasi mendatang. Perusahaan yang memulai bisnis dari kecil, dan sekarang telah tumbuh berkembang menjadi besar, maka mereka tentu mempunyai ide terkait keberlanjutan bisnisnya.

Pak Sugeng menjelaskan, “dalam memulai bisnis, kita bisa memulainya darimana saja. Bisa dari ide, riset, model, bahkan relasi.” Lebih rincinya adalah bisa dimulai dari memikirkan ide bisnis, melakukan riset pasar, get feedback, make it official, tulis rencana dan keuangan bisnis, kembangkan produk layanan, membangun tim, temukan lokasi yang tepat dan strategis untuk mendirikan bisnis, mulai dapatkan penjualan, kembangkan bisnis dan yang terakhir adalah evaluasi dirimu sendiri.

Lantas bagaimana cara mendesain sebuah bisnis yang sustainable atau berkelanjutan? Caranya dapat dimulai dengan membuat Bisnis Model Canvas. Mula-mula tentukan proporsi nilai, bagaimana segmentasi pelanggan, channels yang tepat, pikirkan juga terkait hubungan pelanggan, revenue, apa saja sumber daya utamanya, key activities, partner/mitra yang menguntungkan apabila diajak untuk bekerjasama, jangan lupa pikirkan costs/biaya yang diperlukan, penerima manfaat, hingga yang terakhir adalah sustainabillity benefits/manfaat keberlanjutan dari bisnis yang akan dijalankan nantinya. “Jangan lupa kalau buat bisnis berkelanjutan, harus untung, baik dari kita, customer, supplier, maupun pemerintah harus sama-sama untung", tambah Pak Sugeng.

Apa yang membuat model bisnis berkelanjutan dapat berhasil? Pertama, bisnis tersebut harus menguntungkan secara komersial, karena sejatinya tidak ada bisnis yang berhasil kecuali dapat menarik pelanggan. Lalu yang kedua adalah dapat berhasil jauh ke depan, yang melibatkan Sumber Daya vs Pasar Masa Depan. Selanjutnya dengan menggunakan sumber daya yang dapat dimanfaatkan untuk jangka panjang dan berkelanjutan. Terakhir yakni memberi sesuai dengan yang dibutuhkan, bisnis yang berkelanjutan dengan ‘meminjam’ sumber daya, memiliki maksud mengembalikan sebanyak yang dipinjam.

Bagi teman-teman Mahasiswa UISI yang ingin kuliah sambil menjalankan bisnis, Webinar kali ini membagikan tips bagaimana cara untuk menyeimbangkan akademik dan bisnis, dimulai dari memprioritaskan yang harus didahulukan antara akademik dengan bisnis, create a schedule and checklist, pilih mentor yang tepat dan mampu membimbing, memanfaatkan dengan baik sumber daya kampus, terhubung dengan mahasiswa lain, mengajukan pertanyaan mengenai bisnis di kelas, hingga belajar mengatakan "tidak" seperti saat diajak teman hanya untuk hangout/menghabiskan waktu dengan bersenang-senang.

“Kalau bangun bisnis, mulailah dengan niat yang baik, produk berkualitas, harga terjangkau dan bisnis yang buat orang lain bahagia atau berkonsep membahagiakan orang lain, insyaallah maka akan sustainable dan ide-ide bisnismu akan menjadi kenyataan", pesan Pak Sugeng diakhir sesi.

(ann/msl)

Artikel Terkait