Duta Besar RI untuk Austria, Dr. Darmansjah Djumala
Duta Besar RI untuk Austria, Dr. Darmansjah Djumala
5 September 2018 | Tim Media UISI

Inovasi Produk Sorgum Mahasiswa UISI sampai ke Wina, Austria

Mahasiswa Univeristas Internasional Semen Indonesia (UISI) ciptakan inovasi produk sorgum yang dipamerkan dalam acara FAO/IAEA International Symposium on Plant Mutation Breeding and Biotechnology di Wina, Austria

Wina – Sorgum adalah tanaman serbaguna yang dapat digunakan sebagai sumber pangan, pakan ternak, dan bahan baku industri. Guna untuk mengatasi problematika nomer satu saat ini adalah masalah pangan, mahasiswa Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) menciptakan inovasi produk olahan sorgum yang ikut dipamerkan dalam acara FAO/IAEA International Symposium on Plant Mutation Breeding and Biotechnology yang diadakan International Atomic Energy Agency (IAEA) di Wina, Austria pada Selasa (4/9) hingga Jumat nanti.
 
“Mahasiswa UISI ikut memamerkan produknya di Wina, Austria melalui BATAN selaku anggota IAEA. Berdasar dengan problematika pangan yang menjadi focus pada acara itu, maka BATAN dan UISI membawa inovasi produk olahan sorgum, antara lain: beras sorgum, tepung sirgum, popgrain, dan cracker sorgum,” Ujar Irvn Adhi  selaku dosen Teknologi Industri Pertania (TIP) UISI.

BATAN dan UISI telah bekerjasama mengenai akselerasi produk olahan sorgum, karena UISI memiliki produk-produk pengembangan tanaman sorgum yang diketuai oleh dosen UISI, Irvan Adhi dan Anni Rachmat. Hal ini ditanggapi baik oleh masyarakat di Wina Austria.

Kreativitas bahan sorgum dikerjakan oleh tim mahasiswa beranggotakan 5 mahasiswa Departemen Manajemen yaitu Yulia Nur Rohmawati (angkatan 2015), Ahmad Musonnif Dzulfikri (angkatan 2015), Eka Nur Fadilah (angkatan 2015), Anisah Firdausiah Oktarilivyana (angkatan 2016), dan Hans Febrianto Setyo (angkatan 2016). "Meski tidak lolos di pimnas, so crezz akan terus kami kembangkan melalui inkubator bisnis UISI," papar Hans.(*)

Artikel Terkait