16 Desember 2016 | Tim Media UISI

Internet of Things dalam Kuliah Tamu Departemen Informatika

Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) kembali menggelar kuliah tamu sekaligus workshop bagi mahasiswanya pada Kamis (15/12)

Gresik, UISI – Universitas Internasional Semen indonesia (UISI) kembali menggelar kuliah tamu sekaligus workshop bagi mahasiswanya pada Kamis (15/12). Kuliah tamu dan workshop bertema “Internet of Things” tersebut bertempat di Ruang Auditorium Gedung Pusat Penelitian Semen (PPS). Narasumber dalam kuliah tamu ini adalah Zulkifli Fauzi, S. Kom., MCP selaku Information Security dan DBA di PT Terminal Teluk Lamong Pelindo. Dengan adanya kuliah tamu diharapkan mahasiswa dapat mendapatkan ilmu dari praktisi praktisi yang terlibat langsung dalam industri terkait.

Kuliah tamu diawali dengan perkenalan secara umum oleh Zulkifli Faudzi. Beliau membeberkan berbagai pengalamannya dalam dunia informatika, salah satu yang menarik adalah sebagai senior .net developer yang bekerja dari rumah untuk perusahaan di Australia. Selain itu, beliau juga memiliki sertifikasi keahlian yakni Microsoft Certified Professional (MCP). “Sertifikasi adalah hal yang penting dalam dunia kerja saat ini, seharusnya mahasiswa juga mulai memikirkan hal ini,” jelas lulusan teknik informatika ITS ini kepada seluruh audiens. Selanjutnya, mulai dijelaskan terkait Internet of Things sebagai sebuah konsep sederhana yang berkontribusi untuk menyelesaikan masalah di sekitar.

Internet of Things atau lebih dikenal dengan IoT bertujuan untuk memperluas manfaat dari konektivitas internet yang tersambung secara terus menerus. Dapat dikatakan bahwa IoT adalah bagaimana suatu objek yang nyata di dunia ini digambarkan di dunia maya (internet). Bahkan salah satu perusahaan dunia, Google, dalam beberapa tahun ke depan akan merilis “Google Car” dimana digunakan untuk pemetaan jalan 360 sehingga pengguna dapat melihat bagian dari kota piihan dan wilayah sekitarnya pada tingkat dasar. Kini, IoT menjadi salah satu materi bagi seorang mahasiswa di berbagai pergutuan tinggi. Berbagai informasi terkait dunia informatika dapat digali dari narasumber dengan interaksi secara langsung.(lnc/ral)

Artikel Terkait