1 September 2020 | Tim Media UISI

KKN Tematik Daring, UISI Terapkan Kampus Merdeka

Kegiatan KKN Tematik Daring UISI dilaksanakan selama 1 bulan penuh mulai 1-30 September 2020. Kegiatan bersifat daring meggunakan berbagai piranti online

Mahasiswa Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) secara daring pada semester ini dan dibuka pada Senin (1/09). Kondisi pandemi COVID-19 tidak menyurutkan niat mulia mahasiswa, KKN tematik kali ini fokus ke 3 bidang: kesehatan, ekonomi, dan pendidikan. UISI juga telah menerapkan SKS merdeka belajar melalui kegiatan KKN ini.

“UISI menempati peringkat 101 dari 2200 universitas di bidang kemahasiswaan,” papar Prof.Herman Sasongko, Rektor UISI. Ini menunjukkan kepedulian UISI untuk membangun karakter mahasiswa melalui berbagai program kemahasiswaan. Mahasiswa UISI ikut turut serta memberikan kontribusi pada masyarakat di masa pandemi dengan pelaksanaan KKN.

Sejumlah 387 mahasiswa yang terbagi menjadi 154 kelompok melaksanakan KKN di lokasinya masing-masing. Lokasi mahasiswa tersebar di 141 desa/kelurahan, 70 kecamatan, 21 kabupaten/kota dan di 6 provinsi (Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Sumatra Utara, Sulawesi Selatan dan Kalimantan Selatan).

Tematik kegiatan KKN Daring 2020 ini tidak jauh dari permasalahan terkait COVID-19, yaitu pada sektor pendidikan, kesehatan dan ekonomi. Sejumlah 33 kelompok berfokus pada tema ekonomi, 44 kelompok di tema kesehatan, 71 kelompok di tema pendidikan. “Tujuh kelompok melakukan kegiatan Merdeka Belajar dengan penyetaraan kegiatan kemahasiswaan untuk KKN,” papar Yunita Siti Mardhiyyah S.TP., M.Si , koordinator KKN.

Pada sector pendidikan, mahasiswa memberikan pelatihan pembelajaran online pada guru SD/MI, SMP/MTs, dan juga SMA/MA/SMK di wilayahnya. Kegiatan pendampingan pembelajaran online juga dilakukan pada siswa dan atau keluarga yang masih minim pengetahuan terkait sekolah daring. Sektor kesehatan merupakan tema kedua yang banyak dipilih mahasiswa, dengan program berupa sosialisasi hidup sehat, kampanye penggunaan masker, optimasi Gugus Covid Desa, serta pembagian makanan sehat dan masker. Panitia juga berencana mengadakan Webinar bersama Rumah Sakit Semen Gresik dengan para perangkat desa atau gugus covid di desa lokasi KKN terkait tips tips kesehatan masayarakat di kondisi pandemic yang tak kunjung surut.

Sektor ekonomi juga mengalami dampak yang sangat signifikan akibat pandemic Covid. Kelompok UMKM dan juga usaha-usaha kuliner ataupun jasa perdagangan online mulai digiatkan agar perekonomian Indonesia tetap berputar. Mahasiswa ikut turun mendampingi UMKM dan juga kelompok usaha lainnya di domisili masing-masing. Pemdampingan pembuatan website, akun media social dan juga market place dilakukan agar lebih mengoptimalkan usaha perdagangan. Sosialisasi inovasi penyimpanan dan pengemasan produk pangan agar lebih tahan lama selama pengiriman juga dilakukan mahasiswa.

Sejumlah 7 kelompok mahasiswa yang telah dan sedang melakukan kegiatan kemahasiswaan dapat disetarakan untuk mata kuliah KKN. Terdapat 3 jenis kegiatan penyetaraan yang diakui untuk periode KKN Tematik Daring kali ini, yaitu Program Kreativitas Mahasiswa – Masyarakat (PKM-M), Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D), serta kegiatan menjadi Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) atau Panitia dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) 9 Desember 2020. “Adanya penyetaraan ini sebagai salah satu upaya implementasi kebijakan Kampus Merdeka yang telah dicanangkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia,” jelas Yunita.

Kegiatan KKN Tematik Daring UISI dilaksanakan selama 1 bulan penuh mulai 1-30 September 2020. Kegiatan bersifat daring meggunakan berbagai piranti online. Mahasiwa pun diwajibkan melaporkan kegiatan melalui logbook harian online disertai laporan kondisi kesehatan  mahasiswa. Sejumlah 55 dosen UISI juga ikut terjun dalam kegiatan KKN Tematik Daring UISI ini. Adanya DPL dalam pendampingan ini juga bertujuan semakin meningkatkan kualitas program, perizinan dan konsultasi bagi para mahasiswa peserta KKN.

Di akhir sesi KKN Tematik nantinya, peserta KKN akan membuat video aftermovie, menulis PKM-AI (Program Kteativitas Mahasiswwa-Artikel Ilmiah), esai ide inovatif solusi permasalahan bidang pendidikan, ekonomi dan kesehatan, serta laporan KKN. Video, PKM-AI, esai, dan postingan IG terkait KKN UISI Tematik Daring 2020 yang bagi 20 kelompok terbaik akan mendapatkan hadiah dari panitia KKN sebagai apresiasi.

“Semoga KKN UISI dapat membantu masyarakat di bidang pendidikan, ekonomi, dan kesehatan,”ungkap Kepala Sub Bidang Penelitian Utama Kab. Gresik,  Kemas Saiful Rizal, SE. Hal senada juga diungkapkan oleh Sekretaris Bappeda Kab. Lamongan, Galih Yanuar M. P, SE, MSi. (*)

Artikel Terkait