Potret kebersamaan peserta dengan panitia sesuai acara day 2 berlangsung
Potret kebersamaan peserta dengan panitia sesuai acara day 2 berlangsung
18 Juli 2022 | Tim Media UISI

Liburan Seru Bersama Summer School UISI 2022

Pekan liburan sekolah, departemen teknik kimia dan teknik industri pertanian berkolaborasi menggelar acara summer school 2022. Berbagai produk yang disugukan dan peserta diajak langsung membuat produk tersebut.

Pekan liburan sekolah telah tiba, departemen Teknik Kimia bersama departemen teknik industri pertanian berkolaborasi menggelar UISI Summer School 2022. Acara ini bertujuan untuk mengedukasi para pelajar sekolah seputar dunia perkuliahan khususnya pada program studi teknik kimia dan teknik industri pertanian. Para peserta diajak belajar serta mengelilingi kampus B serta kampus C selama 3 hari yakni pada hari Rabu (13/7), Kamis (14/7), dan Jum’at (15/7).

Menurut Arina Rayyanie selaku mahasiswa Teknik Kimia yang menjabat sebagai salah satu panitia UISI Summer School 2022 bahwa acara ini adalah acara perdana setelah berakhirnya pandemi. “sebenarnya teknik kimia dan teknik industri pertanian terdapat kesamaan sehingga kami mencoba untuk berkolaborasi melalui acara ini.”ungkapnya. Tepat pada hari kamis (14/7) para peserta berkunjung pada ruang Wiragraha yang berlokasi di kampus B untuk mendalami jenis – jenis kopi beserta cara pembuatan kopi yang dibimbing langsung oleh bapak Anni Rahmat selaku dosen teknik kimia sekaligus praktisi dalam bidang pertanian. 

Praktisi sekaligus dosen Teknik Kimia yang kerap disapa bapak Anni menjelaskan bahwa di Indonesia terdapat tiga jenis biji kopi yakni Arabica, Robusta, dan Liberca. “Jika di lihat dari segementasi pasar kopi paling laku yakni Robusta seleranya orang Jawa Timur,” ungkapnya dengan menghaluskan biji kopi seraya menuangkan bubuk tersebut kedalam gelas. Beliau juga menagajak para peserta untuk menilai beberapa jenis kopi yang tersedia melalui Acidity (tingkat kesamaan), Aroma, Body Kopi (tingkat ketebalan), dan Finishing dengan mencium aroma kopi serta mencicipi aroma kopi.

Peserta juga diajak menuju OTK (Operasi Teknik Kimia) yang berlokasi tidak jauh dari lokasi gedung Wiragraha peserta dianjurkan menggunakan helm safety sebagai pertolongan keselamatan kerja. Setelah sampai pada labolatorium peserta diajak mengenali beberapa alat – alat yang digunakan selama penelitian uji coba yang dibimibing langsung oleh asisten labolatorium yakni Rani Atiq Imani  . Salah satunya alat liquid liquid mixing yang memiliki skill mengaduk. “kalau kalian pengen tau mini skillnya bisa diibaratkan seperti mengaduk gula,”ujar wanita yang kerap disapa Rani  selaku mahasiswa Teknik Kimia yang menjabat sebagai asisten labolatorium.

Selepas itu, peserta diajak jalan menuju kampus C menggunakan transportasi Shultle Car yang dikenal dengan sebutan HiAce UISI. Sesampai di kampus C bekal pembuatan keripik serta pembuatan sinom brengos yang di produksi oleh mahasiswa teknik industri pertanian diberikan kepada peserta untuk mengeksekusi dalam membuat produk tersebut terutama pada produk sinom. Tak hanya itu, peserta diajak mengenali alat dalam membuat kripik pisang ala mahasiswa teknik industry pertanian yakni alat vacum frying yang berlokasi di  labolatorium teknologi proses.

Vanesha salah satu peserta dari SMK 1 Semen Gresik turut berbahagia seusai mengikuti acara  Summer School 2022. menurutnya acara ini seru dan mempunyai kesan tersendiri baginya. “sangat edukatif, disini diajarkan pembuatan beberapa produk hingga mengenali beberapa alat yang digunakan.” ucapnya dengan senyum penuh kebahagian. Wanita tersebut  menitipkan sejuta terimah kasih atas buah tangan produk – produk yang telah dipelajarinya selama acara  Summer School 2022. (aml/)

Artikel Terkait