Pembukaan secara resmi oleh Bapak Suwadi selaku Kepala Dusun Kaliombo dengan menerapkan prokes.
Pembukaan secara resmi oleh Bapak Suwadi selaku Kepala Dusun Kaliombo dengan menerapkan prokes.
30 September 2021 | Tim Media UISI

Mahasiswa Teknologi Industri Pertanian Universitas Internasional Semen Indonesia Rebut Kembali Pendanaan Progam Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) 2021 di Kabupaten Lamongan

Optimalisasi Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Gender di dusun Kaliombo Kabupaten Lamongan dalam Memaksimalkan Sumber Daya Alam Kearifan Lokal Menuju Desa Berdaya dan Mandiri Energi yang berlokasi di Kabupaten Lamongan oleh Mahasiswa TIP UISI.

“Pandemi tidak menghalangi kami untuk tetap berprestasi,” ujar Deva Pramesti selaku Ketua PHP2D Himpunan Mahasiswa Teknologi Industri Pertanian Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) 2021. Mahasiswa Himpunan Teknologi Industri Pertanian kembali mendapatkan pendanaan Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) 2021 yang dibimbing oleh bapak Azmi Alvian Gabriel, S.TP., M.P. selaku Dosen Teknologi Industri Pertanian dengan judul “Optimalisasi Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Gender di dusun Kaliombo Kabupaten Lamongan dalam Memaksimalkan Sumber Daya Alam Kearifan Lokal Menuju Desa Berdaya dan Mandiri Energi” yang berlokasi di Kabupaten Lamongan (29/9).

Kegiatan PHP2D ini diawali dengan pembukaan secara resmi oleh Bapak Suwadi selaku Kepala Dusun Kaliombo dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Acara pembukaan tersebut tentunya dihadiri oleh ibu-ibu Warga Dusun Kaliombo dengan penuh semangat dan antusias, serta anggota dari tim PHP2D Himpunan Mahasiswa Teknologi Industri Pertanian (HIMATRIAN). Pada kesempatan tersebut, tim (PHP2D) dari jurusan Teknologi Industri Pertanian, mengenalkan diri sekaligus menyampaikan kegiatan yang akan dijalankan setelah mendengar keluhan Warga Dusun Kaliombo dan survei di dusun setempat. Kegiatan pembukaan PHP2D HIMATRIAN 2021 ini berjalan dengan baik dan mendapat sambutan hangat oleh masyarakat setempat. Tidak lupa juga ketua PHP2D HIMATRIAN 2021 memohon do’a, dukungan, dan izin kepada masyarakat setempat agar kegiatan yang akan dijalankan dapat berjalan dengan baik, lancar, serta sesuai dengan apa yang telah direncanakan tentunya agar dapat memberikan kebermanfaatan untuk masyarakat setempat.

Program dari tim PHP2D HIMATRIAN 2021 ini bertujuan untuk mensejahterakan Warga Dusun Kaliombo melalui pemanfaatan limbah lokal yang sebelumnya belum dimanfaatkan dengan baik yaitu kotoran hewan ternak sapi menjadi pupuk kompos murni. Selain itu, program unggulan yang akan diusung adalah pengoptimalan filter air. Pada program Pupuk Kompos ini tidak hanya sampai pada pelatihan saja, tetapi tim PHP2D HIMATRIAN akan memberikan bimbingan, pelatihan, dan pendampingan sampai  pembuatan akun e-commerce yang bertujuan untuk menggaet pasar lebih luas lagi dari produk kompos. Sedangkan, pada program pengoptimalan filter air ini akan sangat dibutuhkan oleh masyarakat setempat agar dapat mengakses air bersih dengan mudah.

Tim PHP2D juga memberikan souvenir berupa masker, sticker, dan handsanitizer sebagai amanat dari pemerintah untuk menjaga protokol kesehatan baik di desa ataupun di kota. “Walaupun Kabupaten Lamongan termasuk zona dengan level satu, akan tetapi prokes harus tetap dijalankan untuk melindungi warga dari sebaran Virus Covid-19”, tutur Ketua PHP2D Deva Pramesti Budi Utami. (elf/rry)

Artikel Terkait